China

Rasanya tidak ada orang yang belum pernah mendengar peribahasa ini; tuntunlah ilmu sampai negeri Cina. Karena memang pada kenyataannya China, di tengah maraknya pilihan studi ke negara barat, tetap menjadi salah satu tujuan favorit untuk belajar dan kuliah.

 

Bahasa Mandarin merupakan bahasa yang paling banyak digunakan di dunia, bandingkan dengan English yang sebenarnya penggunanya hanya 1/3 dibanding Mandarin. Pengguna bahasa Mandarin menurut data survey terakhir mencapai 1.2 milyar orang. Tentu ini menjadi faktor utama untuk belajar ke sana.

 

Selain belajar bahasa ataupun kuliah dengan bahasa pengantar Mandarin, banyak sekali keunggulan lainnya. Pertumbuhan ekonomi China yang sangat cepat secara terus menerus membuat banyak peluang kerja dan usaha setiap harinya. Setiap bulannya banyak bisnis asing yang membuka basis usaha dan mereka membutuhkan orang dengan kemampuan bahasa dan pengetahuan kulturual yang relevan. CV yang didapatkan dari belajar dan bekerja di China menjadi sesuatu yang sangat diminati dalam dunia profesional. Dan yang paling utama adalah mendapatkan koneksi dan persahabatan yang unik.

 

Dari ujung timur sampai barat, China memiliki kondisi geografis, iklim dan budaya yang paling bervariasi dan kaya di dunia ini. Banyak sekali aktifitas di luar pelajaran yang akan menambah pengalaman hidup jika seseorang memilih untuk belajar di negeri macan Asia ini.