Canada

Terkenal dengan orang orangnya dan linkukngan yang ramah, Canada termasuk dalam tempat yang terbaik untuk ditinggali dan dikunjungi menurut PBB. Canada termasuk dalam negara Organization for Economic Cooperation and Developement dalam pengalokasian pendapatan perkapita pada sektor pendidikan tinggi. Canada sangat memprioritaskan nilai pendidikan dan mendukung bidang ini secara konsisten.

 

Sistem di Canada merupakan perpaduan antara sistem pendidikan Amerika yang menitik beratkan variasi program studi dan sistem pendidikan UK yang memfokuskan pada pendalaman ilmu tertentu. Canada mengkombinasikan hal-hal yang terbaik dari 2 sistem tersebut dan menambahkan sedikit cita rasa sendiri dengan menawarkan biaya pendidikan yang sangat terjangkau. Sebuah kombinasi win win yang menggiurkan. Dan juga terdapat program imigrasi bagi pelajar internasional yang memenuhi syarat.

 

Negara kedua terbesar di dunia ini memiliki banyak sekali pilihan dari ujung ke ujung dengan variasi yang sama mempesonakannya dengan pemandangan dan petualangan yang bisa didapatkan di Canada itu sendiri.

Mengapa belajar di Kanada?

  1. Kanada adalah negara terbaik ke-2 di dunia secara keseluruhan yang diteliti oleh World Economy Forum (link). Bahkan US News juga memberitakan demikian di website (link)
  2. Dari 80 universitas negeri dan 13 universitas swasta di Kanada banyak yang masuk dalam top 50 ranking dunia.
    1. Times Higher Education (link)
    2. QS University Ranking (link)
    3. ARWU Ranking (Academic Ranking of World University) (link)
  3. Biaya kuliah (tuition fee) sangat terjangkau dibandingkan dengan negara-negara lain (link)
  4. Biaya hidup (living cost) (link)
  5. Biaya Pajak di Kanada juga 33% lebih murah daripada di Amerika, sehingga semakin banyak perusahaan-perusahaan besar di Amerika exodus (berpindah) ke Kanada.
  6. Kanada adalah negara terbaik nomor 1 di dunia untuk segi Kualitas Hidup (Quality of Life), yang diberitakan oleh US News. (link)
  7. Kanada di urutan ke-6 setelah negara-negara di Eropa pada ranking yang mengukur Kualitas Kebahagiaan Hidup (World Happiness Report), dimana lebih dari 70% penduduknya memiliki rumah sendiri. (link)
  8. Kualitas Teknologi yang terkenal di dunia berasal dari Kanada, seperti HP Blackberry, Smart-Board (papan tulis digital), CanadArm (alat konstruksi di luar angkasa), dan berbagai jenis vacinne (vaksin) di dunia kedokteran.
  9. Kesempatan luas di Kanada untuk bekerja di dalam maupun di luar kampus, sambil kuliah. Mayoritas lulusan Kanada sudah memiliki pengalaman kerja ketika lulus, sehingga mempermudah mendapatkan peluang kerja.
  10. Kesempatan setelah lulus dari Universitas untuk mendapatkan Work Permit selama 3 tahun sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku.
  11. Kesempatan peluang sangat besar untuk bersaing dengan lebih longgar karena Kanada secara wilayah adalah negara terbesar ke-2 di dunia setelah Rusia, dengan penduduk sekitar 35 juta.
  12. Negara Besar dengan 2 bahasa Utama yaitu Inggris dan Perancis, memberikan keuntungan kemampuan berbagai bahasa. Sebanyak 70% penduduknya menggunakan bahasa Inggris dan 13% bahasa perancis dan 17% berbahasa inggris dan perancis.

Sistem Pendidikan di Kanada

Sekolah Dasar

  • Pendidikan wajib adalah bagi warga mulia usia 5-18 tahun.
  • Pendidikan wajib bagi warga Kanada dimulai dengan Sekolah Dasar yang ditempuh dalam periode 6-8 tahun.
  • Kelas 1 hingga 6 atau 8, tergantung pada sistim di propinsi masing-masing.
  • Penempatan siswa untuk lokasi dimana bersekolah adalah ditentukan berdasarkan wilayah terdekat dengan domisili tempat tinggal, yaitu oleh School Board (semacam Kanwil di Indonesia).
  • Kanada memiliki sebanyak 10,100 sekolah dasar.
  • Kurikulum sekolah dasar menekankan pada pengetahuan kesenian, matematika, sosial, sains, olahraga, kesehatan, dan bahasa terutama kemampuan membaca dan menulis.

Sekolah Menengah

  • Sekolah menengah adalah menyelesaikan 4 atau 6 tahun terakhir dari pendidikan wajib tersebut, sehingga disebut juga dengan kelas 7-12 atau 9-12.
  • Kurikulum pada tahun-tahun awal memberikan siswa dengan pelajaran-pelajaran wajib. Kemudian pada tingkat yang lebih tinggi mulia diberikan pilihan-pilihan sesuai dengan minat dan bakatnya.
  • Terdapat 3,400 sekolah menengah di Kanada, dan juga ada 2000 sekolah yang menggabungkan antara SD dan SM.
  • Sekolah menengah ada yang menyediakan jurusan umum dan kejuruan pada sekolah yang sama, tetapi ada juga yang mengkhususkan untuk kejuruan saja.
  • Jumlah rata-rata siswa pada satu sekolah adalah 350an siswa.
  • Lulus dari grade 12 di propinsi British Columbia diberikan ijazah dengan istilah Dogwood Diploma, dan di propinsi Ontario disebut dengan OSSD (Ontario Secondary School Diploma).

Tingkat Universitas

  • Terdapat 163 universitas negeri dan swasta. Dan 183 college & institut negeri.
  • Biaya kuliah untuk International Student mulai dari $ 12,000 hingga $ 32,000 per tahun.
  • Periode masa belajar untuk tingkat sarjana ( S1 ) ditempuh dalam 3 – 4 tahun; tingkat master ( S2 ) ditempuh dalam 2 tahun; tingkat doctoral ( S3 ), ditempuh dalam 3 – 5 tahun.
  • Siswa mulai memasuki jenjang kuliah setelah menyelesaikan grade 12 ( sekolah menengah ). Dan sebagian besar universitas juga menyediakan jalur khusus bagi siswa dewasa ( mature or adult student ).
  • Untuk memasuki jenjang kuliah dapat ditempuh juga melalui college selama 1-2 tahun kemudian berpindah ke universitas untuk tahun ke-3 dan ke-4. Pada umumnya sudah terbentuk semacam perjanjian bersama antara college dengan universitas pada satu propinsi yang sama mengenai persyaratan dan prosedur perpindahan tersebut. Demikian juga perpindahan antar universitas.
  • Universitas terbesar adalah University of Toronto dengan jumlah mahasiswa 70 ribuan.
  • Mahasiswa diberikan izin untuk belajar sambil bekerja, baik di dalam maupun di luar kampus.
  • Jumlah maksimum jam kerja selama masa studi adalah 20 jam seminggu dan selama libur boleh 40 jam seminggu.
  • Setelah mahasiswa lulus dari jenjang sarjana, maka dapat diberikan izin bekerja selama 3 tahun, dengan syarat tertentu.
  • Kesempatan untuk mendapatkan status Permanent Resident juga terbuka luas bagi lulusan Kanada.
  • http://www.cic.gc.ca/english/newcomers/after-education.asp
Destination_Canada_Skema_Jalur_Pendidikan

Kanada memiliki 10 propinsi, dan ibukota negara ada di kota Ottawa di propinsi Ontario.

3 kota terbesarnya adalah

  1. Toronto (di propinsi Ontario, berseberangan dengan New York)
  2. Montreal (di propinsi Quebec)
  3. Vancouver (di propinsi British Columbia atau biasa disebut BC, berseberangan dengan kota Seattle di America)

Mayoritas student Indonesia pergi ke Vancouver, karena lebih dekat, hampir sama dengan yang ke Seattle.

Iklim di Kanada sebagai Negara dengan wilayah sangat luas dan berada pada bagian utara bumi, maka memiliki 4 musim sepanjang tahun. Daerah terhangat adalah kota Vancouver di propinsi British Columbia karena mesih berbatasan langsung dengan samudera pasifik yang memberikan angin hangat. Namun demikian propinsi BC memiliki resor untuk bermain ski terbaik yaitu di daerah Whistler. Olimpiade musim dingin sering diadakan di Whistler.

Propinsi Manitoba yang terletak di tengah-tengah, merupakan propinsi yang datar atau prairie dan sebagai penghasil consumer goods terbesar yang mensuplai ke berbagai wilayah di Kanada.

Kondisi perkonomian Kanada adalah yang paling stabil dibandingkan negara-negara lain.

Kehidupan mahasiswa dan orang pada umumnya di Kanada sangat disiplin dan teratur dengan budaya yang sangat kuat dan terkenal sebagai Negara paling sopan di dunia. Tentang tempat tinggal, pada umumnya mahasiswa dari berbagai Negara pada awal kedatangan akan memilih tinggal di Homestay bersama induk semang untuk beberapa bulan. Setelah itu sudah seperti menjadi budaya bahwa kemudian berpindah ke apartemen atau asrama. Sistem transportasi umum di Kanada sudah sangat maju dan teratur, sehingga tidak ditemui kesulitan untuk bepergian kemanapun, namun demikian masih banyak mahasiswa yang memilih untuk memiliki kendaraan sendiri untuk mereka pakai pada akhir pekan.