United States

Tujuan terpopuler di dunia untuk pendidikan tinggi dengan variasi jurusan dan perguruan tinggi yang ternama merupakan alasan utama banyak orang memilih Amerika untuk melanjutkan studinya. Amerika merupakan negara yang sangar beragam dalam hal agama, etnis, geografis dan latar belakang sosio-ekonomi yang menambah kekayaan pengalaman budaya untuk para pelajarnya.

 

Salah satu keunikan perguruan tinggi Amerika adalah ketidakharusan untuk memilih jurusan (major) pada pendaftaran awal. Dalam 1 sampai 2 tahun pertama, perguruan tinggi di Amerika akan memberikan pilihan mata kuliah yang sangat umum dan beragam, dari sains, sastra, ilmu sosial, ekonomi, sejarah dan sebagainya. Mata kuliah wajib ini akan membuat para pelajar mendapatkan gambaran yang luas tentang dunia pembelajaran sebelum menentukan jurusan atau bidang studi yang spesifik di tahun ke 2 atau ke 3. Dengan demikian sangat memungkinkan untuk para pelajar yang memenuhi syarat untuk menjalani 2 jurusan sekaligus (2 gelar) dalam jangka waktu 4 tahun studi.

 

Perkuliahan dan pembelajaran di Amerika tidak hanya terbatas pada kampus atau laboratorium saja. Banyak perguruan tinggi yang menjalin kerjasama dengan berbagai macam industri pekerjaan dan riset yang memberikan kesempatan untuk para pelajarnya mendapatkan pengalaman kerja yang sebenarnya.

Mengapa belajar di Amerika Serikat?

  1. Salah satu negara yang memiliki sistem pendidikan terbaik di dunia
  2. 50 universitas terbaik di di dunia adalah Universitas universitas dari Amerika Serikat
  3. Fleksibiltas dalam mengeksplorasi bakat dan minat sebelum menentukan jurusan
  4. Kesempatan untuk magang (Optional Practical Training) setelah menyelesaikan gelar sarjana dan pasca sarjana selama 12 – 29 bulan
  5. Mempelajari budaya negara lain karena Ameriak Serikat adalah Negara multikultur.
  6. Amerika Serikat adalah pioneer di bidang teknologi dan penelitian – Why not study with the best

Sistem Pendidikan & Biaya di Amerika Serikat

Sekolah Primer dan Sekunder

Untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, pelajar Amerika memasuki sekolah primer dan sekunder dalam waktu 12 tahun. Tahun-tahun ini disebut sebagai grade (kelas) 1 sampai 12. Sekitar umur 6 tahun, anak-anak A.S. memulai sekolah primer, yang disebut sebagai “elementary school (sekolah dasar).” Mereka memasuki sekolah dasar selama lima atau enam tahun dan kemudian dilanjutkan dengan sekolah sekunder.

 

Sekolah sekunder terdiri dari dua program: program pertama adalah “middle school (sekolah menengah)” atau “junior high school (sekolah menengah pertama)” dan program kedua adalah “high school (sekolah menengah atas).” Pelajar mendapatkan diploma atau sertifikat setelah lulus dari high school. Setelah lulus high school (grade 12), pelajar A.S. dapat melanjutkan ke college (perguruan tinggi 2-tahun) atau universitas. College atau universitas dikenal sebagai “higher education (pendidikan tinggi).”

Undergraduate (S1)

Mahasiswa yang memasuki college atau universitas memerlukan waktu rata-rata empat tahun untuk memperoleh gelar bachelor. Anda dapat memulai pendidikan untuk mengejar gelar bachelor di community college (perguruan tinggi 2-tahun) atau di universitas atau college bermasa studi 4-tahun.

 

Dalam dua tahun pertama, Anda akan diwajibkan untuk mengambil kelas-kelas dalam mata kuliah yang berbeda, yang dikenal sebagai mata kuliah prasyarat: literatur, sains, ilmu sosial, seni, sejarah, dan lain sebagainya. Ini akan membantu Anda dalam mendapatkan pengetahuan secara umum, sebagai dasar untuk mengkhususkan diri dalam bidang studi yang lebih spesifik.

 

Banyak mahasiswa yang memilih community college untuk melengkapi dua tahun pertama mata kuliah prasyarat. Mereka akan memperoleh gelar transfer Associate of Arts (AA) dan kemudian dapat mentransfer ke universitas atau college bermasa studi 4-tahun.

 

Major (jurusan)” adalah bidang studi spesifik dimana pendidikan Anda akan lebih diarahkan. Sebagai contoh, jika major seseorang adalah jurnalisme, mereka akan memperoleh gelar Bachelor of Arts in Journalism (Sarjana Seni di Jurnalisme). Anda akan diwajibkan untuk mengambil beberapa mata kuliah dalam bidang ini dalam memenuhi persyaratan memperoleh gelar di major tersebut. Anda harus memilih major Anda pada permulaan tahun ke-3.

 

Sistem pendidikan Amerika mempunyai karakter yang sangat unik yaitu Anda dapat merubah major Anda lebih dari satu kali. Sangatlah wajar untuk mahasiswa Amerika untuk mengganti major karena mereka lebih unggul atau lebih berminat dalam bidang tertentu pada suatu waktu dalam studi undergraduate mereka. Meskipun sistem pendidikan Amerika sangat fleksibel, perlu diperhatikan bahwa dalam penggantian major mereka bisa saja harus mengambil mata kuliah lagi, yang berarti akan memakan waktu dan biaya yang lebih banyak.

Graduate (Pascasarjana) untuk mengejar Gelar Master (S2)

Saat ini, college atau lulusan universitas dengan gelar bachelor harus berpikir secara serius tentang pendidikan graduate untuk memasuki profesi khusus atau untuk meningkatkan karir mereka. Gelar ini biasanya merupakan mandatori untuk posisi yang lebih tinggi dalam ilmu perpustakaan, teknik mesin, behavioral health (kesehatan perilaku) dan pendidikan.

 

Selanjutnya, mahasiswa internasional dari beberapa negara hanya diijinkan untuk menempuh pendidikan di luar negeri dalam tingkat graduate. Anda harus menyelidiki kebutuhan-kebutuhan kredensial untuk mendapatkan pekerjaan di negara Anda sebelum mendaftar ke universitas postgraduate (S3) di A.S.

 

Program graduate biasanya divisi dari universitas atau college. Untuk menambah kesempatan dalam penerimaan masuk, Anda perlu mengambil GRE (Pengujian Nilai Pascasarjana). Beberapa program master mewajibkan nilai tertetntu, seperti LSAT untuk hukum, GRE atau GMAT untuk bisnis, dan MCAT untuk kedokteran.

 

Program graduate untuk mengejar gelar master pada umumnya memakan waktu satu atau dua tahun. Sebagai contoh, MBA (Master Bisnis) adalah program yang sangat populer yang dapat memakan waktu dua tahun. Program-program master lainnya seperti jurnalisme, hanya memakan waktu satu tahun.

 

Sebagian besar program-program master diajarkan di ruang kelas dan mahasiswa graduate harus mempersiapkan karangan yang cukup panjang yang dinamakan “master’s thesis (tesis master)” atau melengkapi “master’s project (proyek master).”

Post Graduate (Pascasarjana) untuk mengejar Gelar Doctorate (Doktoral/S3)

Pencapaian gelar master merupakan langkah pertama untuk memperoleh gelar PhD (doctoral). Di beberapa perguruan tinggi, mahasiswa bisa memasuki jenjang doktoral tanpa memperoleh gelar master. Gelar PhD bisa diperoleh dalam waktu tiga tahun atau lebih. Untuk mahasiswa internasional, bisa memakan waktu lima atau enam tahun.

 

Dalam dua tahun pertama, sebagian besar kandidat doktoral mendaftar untuk kelas-kelas dan seminar. Setidaknya untuk satu tahun dihabiskan untuk penelitian dan menulis tesis atau disertasi yang terdiri dari pandangan, rencana, atau penelitian yang belum pernah dipublikasikan.

 

Disertasi doktoral adalah diskusi dan kesimpulan dari topik yang diberikan. Sebagian besar universitas yang mempunyai program doktoral juga mewajibkan kandidat mereka untuk mempunyai kemampuan membaca dalam dua bahasa asing, untuk menghabiskan waktu yang diwajibkan “in residence (dalam kediaman),” untuk lulus dalam tes yang diberikan kepada kandidat ke program PhD, dan untuk melewati tes oral dalam topik yang sama dengan disertasi.

Universitas atau Perguruan Tinggi Negeri

Perguruan tinggi negeri didukung dan dijalankan oleh negara bagian atau pemerintah lokal. Setiap 50 negara bagian A.S. mempunyai paling sedikit satu universitas negeri dan beberapa college negeri. Banyak dari perguruan tinggi negeri ini mempunyai nama dari negara bagian, atau kata “state (negara bagian)” di dalam nama perguruan tinggi mereka: sebagai contoh, Washington State University dan University of Michigan.

Universitas atau Perguruan Tinggi Swasta

Perguruan tinggi ini dijalankan secara swasta. Biaya kuliah biasanya lebih tinggi dari perguruan tinggi negeri. Seringkali, universitas dan perguruan tinggi swasta A.S. lebih kecil daripada perguruan tinggi negeri.

 

Universitas dan college yang berhubungan dengan agama adalah college swasta. Perguruan tinggi ini menerima mahasiswa yang berbeda agama dan kepercayaan. Tetapi ada sebagian kecil perguruan tinggi yang lebih mengharapkan untuk menerima mahasiswa yang berkeyakinan sama.

Community College (Perguruan Tinggi Dua Tahun)

Community college adalah perguruan tinggi dua-tahun yang memberikan gelar associate (diploma) yang dapat ditransfer, dan juga sertifikasi. Ada banyak jenis gelar associate, tetapi faktor yang membedakan adalah apakah gelar tersebut dapat ditransfer atau tidak. Biasanya, ada dua jalur gelar primer: satu untuk transfer akademik dan yang lainnya untuk mempersiapkan mahasiswa mendapatkan pekerjaan secara langsung. Gelar universitas yang dapat ditransfer umumnya associate of arts (diploma seni) atau associate of science (diploma sains). Yang tidak dapat ditransfer adalah gelar associate of applied science (diploma sains aplikasi) dan certificates of completion (sertifikat kelulusan).

 

Lulusan community college pada umumnya mentransfer ke college bermasa studi 4-tahun atau universitas untuk memperoleh gelar. Karena mereka dapat mentransfer kredit-kredit yang telah diselesaikan di community college, mereka dapat melengkapi program bachelor dalam waktu dua tahun atau lebih. Banyak juga yang menawarkan ESL atau program Bahasa Inggris intensif, dimana akan mempersiapkan mahasiswa untuk mata kuliah tingkat universitas.

 

Jika Anda tidak berencana untuk memperoleh gelar yang lebih tinggi dari associate, Anda harus menemukan apakah gelar associate akan berguna untuk menemukan pekerjaan di negara asal Anda.

Institute of Technology (Lembaga Teknologi)

Institute of Technology adalah perguruan tinggi yang menyediakan pendidikan sains dan teknologi selama paling sedikit empat tahun. Beberapa mempunyai program graduate, yang lainnya menawarkan mata kuliah jangka pendek.

Kalender perkuliahan biasanya dimulai pada bulan Agustus atau September dan dilanjutkan sampai bulan Mei atau Juni. Sebagian besar mahasiswa baru memulai pada musim gugur, jadi sebaiknya mahasiswa internasional juga memulai pada saat yang bersamaan. Awal-awal masa perkuliahan, merupakan saat-saat yang menyenangkan bagi mahasiswa. Merupakan saat-saat dimana Anda akan menemukan teman-teman baru, dimana semua masih dalam penyesuaian diri dengan fase baru dalam kehidupan akademik mereka. Sebagian besar mata perkuliahan dirancang untuk mahasiswa untuk diambil secara berurutan, dimulai dari musim gugur dan kemudian dilanjutkan sepanjang tahun.

 

Tahun akademik terdiri dari dua term yang disebut sebagai “semester.” (beberapa perguruan tinggi menggunakan tiga term kalender yang disebut sebagai sistem “trimester”). Sebagian lagi menggunakan sistem kuarter dari empat term, termasuk sesi pilihan musim panas. Pada dasarnya, Anda tidak menghitung sesi musim panas, tahun akademik terdiri dari dua semester atau tiga term kuarter.

 

http://studyusa.com/id/a/258/memahami-sistem-pendidikan-amerika

Umumnya, pengeluaran mahasiswa luar Amerika Serikat yang kuliah di Amerika adalah makanan, buku, cuci baju, hiburan, bensin, pulsa, dan beberapa hal darurat seperti obat-obatan. Sama seperti di Indonesia. Biasanya universitas di Amerika menyediakan tempat tinggal berupa asrama bagi mahasiswa internasional. Dan itu sudah termasuk dalam tuition fee, berikut dengan asuransi.

 

Untuk biaya makan cukup bervariasi, tentunya lebih murah jika Anda membeli bahan makanan di supermarket dan masak sendiri di asrama. Jika Anda membeli bahan baku makanan, maka anda akan mengeluarkan $1-2 per sekali makan, bahkan bisa beberapa sen saja. Anda akan mengeluarkan sekitar $9-15 jika anda makan di luar.

 

Untuk biaya tempat tinggal, jika Anda ingin tinggal di luar kampus (asrama), Anda perlu mencari apartemen atau rumah tempat tinggal. Di kota kecil, Anda bisa mendapatkan rumah kontrakan seharga $500/bulan. Jika anda tinggal di kota besar seperti California, Washington, New York, atau Chicago, anda harus merogoh kocek hingga $2,500/bulan hanya untuk tempat tinggal. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa berkonsultasi dengan pihak kampus terlebih dahulu jika anda ingin tinggal di luar kampus.

 

Untuk urusan mencuci baju, Anda tidak perlu khawatir. Karena di setiap asrama disediakan mesin cuci pakaian. Biaya pemakaian mesin cuci ini adalah sekitar $3 untuk mencuci dan mengeringkan pakaian. Ini belum termasuk biaya deterjen, yang bisa didapatkan dengan $2-4 di supermarket.

 

Untuk biaya membeli buku, usahakan cari buku termurah yang memungkinkan. Untuk diktat kuliah biasanya harga yang dipatok oleh professor disana sekitar $5-10. Sebearnya hal ini bisa diakali dengan meminjam dari senior yang sudah tidak mengambil kuliah tersebut. Kalau nggak enak hati meminjam ya di beli. Harga second hand biasanya lebih murah.

 

Selanjutnya adalah biaya transportasi dan bensin. Amerika memberlakukan satuan volume yang berbeda dengan Indonesia. Amerika tidak menggunakan satuan liter untuk volume, melainkan galon. 1 galon = 3,8 liter dan harga BBM rata-rata per galon adalah $3.5. Itu jika Anda memiliki kendaraan pribadi seperti mobil. Jika Anda hobi naik transportasi umum, dengan $28/minggu Anda bisa menggunakan seluruh moda transportasi masal yang ada. Terkadang malah untuk mahasiswa ada harga khusus.

 

Untuk urusan pulsa, Amerika memberlakukan sistem yang berbeda dengan Indonesia untuk perihal pulsa. Semua transaksi pengisian pulsa dilakukan secara online. Tidak ada counter pulsa dan semacamnya disana. Serba online. Untuk mahasiswa pada umumnya, pengeluaran untuk pulsa telepon adalah $30 per bulan.

Amerika Serikat “in a glance”

IKLIM

 

Keadaaan iklim dan cuaca di Amerika Serikat sangat bervariasi, tergantung dari letak geografis masing-masing daerah.

 

Di timur laut pasifik, seperti Washington dan Oregon adalah tempat terbasah di Amerika. Walau demikian, temperatur disana masih mencapai sekitar 32’C, dan akan lebih panas. Musim dingin disana cukup dingin, Anda harus mempersiapkan pakaian-pakaian hangat.

 

Di bagian tengah atau selatan pasifik seperti California, Wyoming, Colorado, Utah dan Montana, udara akan menjadi sangat kering di saat musim panas. California terkenal akan cuacanya yang bersahabat, Anda bisa membawa pakaian renang. Colorado, Utah dan Nevada terkenal akan permainan ski di musim dingin. Kami rekomendasikan Anda untuk mempersiapkan baju hangat saat musim dingin tiba.

 

Jika Anda berada di barat daya: Arizona, Texas, Oklahoma dan beberapa bagian dari Louisiana dan Arkansas, maka Anda berada di tempat yang paling panas, dengan curah hujan yang tinggi. Di wilayah ini Anda perlu menyiapkan payung dan jas hujan setiap waktu. Musim panas di Amerika bagian barat daya sangat panas, dengan temperatur yang hampir selalu di atas 38’C.

 

Di timur laut dan tenggara sering turun hujan sepanjang tahun, dengan iklim yang hangat sewaktu musim panas dan musim gugur. Musim dingin di sini tidak akan berlangsung terlalu lama.

 

Michigan, Dakotas, Wisconsin, Illinois dan Indiana yang berada di tengah barat lebih sering beriklim cukup kering. Musim dingin di daerah ini bisa saja sangat dingin, bersalju dan berangin, dengan temperatur rendah hingga -40’C. Disini Anda benar-benar memerlukan jaket tebal dengan lapisan thermal. Musim panas di sini cukup bersahabat dan Anda bisa bersantai dengan pakaian musim panas.

 

Dengan mempelajari iklim tempat kuliah Anda, Anda bisa mempersiapkan pakaian dan bawaan Anda dengan lebih baik.

 

http://www.berkuliah.com/2014/06/gambaran-kehidupan-di-amerika-serikat.html